Peribahasa Turki dan kata mutiara untuk motivasi wirausaha

Para ahli sejarah dan pakar sejarah manusia memang mengakui benua Afrika sebagai titik awal persebaran manusia, namun dalam bukti arkeologi dan penelitian, diketahui pula bahwa titik pusat peradaban manusia di dunia yang tertua justru berasal dari negeri Turki. Turki yang dikenal juga sebagai negeri Asia kecil ini merupakan titik persimpangan dan perjumpaan manusia selama lebih dari puluhan ribu tahun. Tentunya bangsa pedagang ini memiliki kearifan lokal yang bisa menginspirasi kita.

Jika anda ingin tumbuh dan berkembang secara profesional, anda tentu ingin mengumpulkan kutipan berwawasan yang dapat digunakan sebagai motivasi berwirausha. Terlepas dari jenis usaha anda, motto hidup bekerja ini memang perlu dipahami untuk membantu mengelola bisnis sekaligus mudah disampaikan kepada anggota karyawan. Di artikel ini kami telah mengumpulkan peribahasa dan kata-kata mutiara yang nampak berkesan. Peribahasa asal negeri Turki tampaknya juga mudah dipahami. Di artikel ini sudah kami terjemahkan kebahasa indonesia bersama dengan penjelasan tentang bagaimana maknanya dapat membantu Anda mengembangkan bisnis.

Göbekli Tepe Turki
Beberapa Tiang bekas puing kuil di Göbekli Tepe didirikan sejauh 9600 SM, mendahului Stonehenge, Inggris, lebih dari tujuh ribu tahun. Situs ini merupakan puing bangunan buatan manusia yang tertua di bumi.

1) “BANYAK ORANG MENGAJARI JALAN YANG BENAR SAAT GEROBAK SUDAH TERBALIK”

Araba devrilince yol gösteren çok olur. atau Kağnı devrilince yol gösteren çok olur.

Dalam dunia ini, tentu saja akan menghadapi banyak tantangan dan persaingan. Seringkali setelah terjadi kesulitan dan bencana, orang banyak yang menjadi tim “ahli” dan tiba-tiba saja menjadi berpengalaman karena sudah melihat dan mengalami peristiwa bencana itu terjadi. Misalnya; orang akan menjadi sadar pentingnya menggunakan celana jeans saat bekerja dan sadar akan bahaya serpihan logam bubut setelah celananya sobek saat bekerja membubut. 

Namun tentunya perlu kita pahami bahwa resiko dan masa-masa sulit itupun perlu diantisipasi. Misalnya, saat wabah coronavirus 2020 ini banyak usaha dan bisnis yang tutup karena minimnya wisatawan dan kondisi ekonomi yang tidak baik. Dimasa sulit ini tentu kita baru merasakan pengaruhnya dalam keseharian karena bencana yang sebelumnya tidak terbayangkan justru sudah terjadi. Oleh sebab itulah kita perlu memilki keahlian dan usaha sampingan diluar dari usaha.

The Library of Celsus in Ephesus was built by the Romans in 114–117.
Gedung Perpustakaan Celsus di Efesus dibangun oleh orang Romawi pada tahun 114–117. Kuil Artemis di Efesus, dibangun oleh raja Croesus dari Lydia pada abad ke-6 SM, adalah salah satu dari Tujuh Keajaiban Dunia Kuno.

Perlu juga kita sadari sendiri bahwa, setiap orang tidak ada yang sempurna. Walaupun berpendidikan dan berpengalaman tinggi, pasti ada waktu ketika orang tersebut itu lengah, kurang memahami bidang tertentu, malu bertanya atau malas membuka internet dan membuat kesalahan. Hal yang terpenting adalah mengakui kesalahan dan menelusuri penyebab masalah tersebut. Tak perlu memperpanjang urusan dengan menyalahkan yang lain atau mencari alasan yang tak berguna.

Keahlian operasional mesin dari setipa orang tentu bervariatif. sebagai manajer bisini, tentu anda ingin agar setiap pekerja mampu mengejar target yang sama, oleh sebab itu perlu sesi pelatihan dan bimbingan dari operator senior ke operator junior tentunya dengan insentif tambahan jika anda memiliki dana yang memadai.

Sebaiknya kegagalan orang lain dan kesalahan tersebut juga perlu anda catat dan pelajari juga. Tentu di masa depan bisa saja peristiwa yang mirip terjadi kembali, sehingga anda perlu terapkan langkah pencegahan untuk menghindari permasalahan yang sama.

2) “CUKA YANG MASAM TAPI GRATIS LEBIH MANIS DARIPADA MADU.”

Bedava sirke baldan tatlıdır.

Di masa awal pendirian usaha, sebaiknya anda tidak terlalu perlu memilih-milih calon pembeli. Fokuskan saja kepada pembeli yang bisa anda jangkau sendiri, dan jika ada program bantuan dari pemerintah maupun lembaga terkait, walaupun hanya berupa program “sosialisasi” atau program penataran, anda juga sebaiknya mengambil saja peluang tersebut. Bantuan dan program gratisan sekecil apapun justru lebih baik daripada tidak ada samasekali.

Dalam setiap paket penjualan, tentunya jika anda memberi barang promosi sekecil apapun nilanya, konsumen juga akan merasa senang. Saat membangun bisnis, banyak pengusaha yang terlalu fokus mengejar promosi dan lobi-lobi perusahaan besar, padahal menunda pesanan dari konsumen lain yang lebih kecil. Wajar saja setiap orang ingin mengejar target, tapi perlu juga diketahui kalau enquiry atau permintaan yang kecil tersebut tentu lebih mudah ditangani dan bisa saja waktu tersingkat yang dibutuhkan untuk memperoleh uang.

Pengemis tidak bisa menjadi Pemilih! Jika Anda lebih suka menjadi pemilih, masuki pasar atau transaksi tempat Anda memiliki sesuatu yang lebih berharga untuk diperdagangkan, sesuatu yang bernilai dan sesuatu yang sulit didapat di kompetitor anda yang lain. Jika anda sekarang dalam kesulitan, carilah bantuan apa yang kiranya bisa menolong anda, tetapi lihat juga resikonya, apa yang anda perlu korbankan demi bantuan tersebut dan apakah anda sanggup berkorban demi bantuan tersebut.

Bisnis yang bertahan lama dan berkelanjutan dibangun dengan menginvestasikan waktu dan energi untuk menciptakan komunitas karyawan dan pekerja serta konsumen yang harganya tidak murah. Baik secara internal, dengan karyawan Anda, dan secara eksternal, dengan pelanggan Anda, tentu membutuhkan perhatian dari sisi biaya keuangan yang tergantung dari cara anda mengelola keuangan dan pembiayaan.

3) “SUARA TEPUK TANGAN HANYA BISA DILAKUKAN DENGAN DUA TANGAN.” atau “BURUNG TAK BISA TERBANG DENGAN SATU SAYAP”

Bir elin nesi var, iki elin sesi var. atau Bir kanatla kuş uçmaz.

Seorang pengusaha dan pekerja seringkali merasakan dirinya berjuang sendiri. Hal ini memang sering menjadi pergulatan emosi sendiri. Namun sebetulnya tidak ada manusia yang bisa menyelesaikan masalahnya sendiri! Anda juga perlu bekerjasama, berguru pada orang lain dan menceritakan permasalahan agar bisa dicarikan solusinya dengan rekan kerja maupun teman seperjuangan yang anda bisa percaya.

Pengalaman itu lebih mahal harganya daripada pendidikan. Mengapa? Karena pendidikan ada rincian daftar tarif pendaftaran, jenjang waktu dan besar uang sekolahnya. Sedangkan pengalaman hidup hanya bisa dipelajari dari kebaikan hati orang lain untuk memberikan waktu dan berbagi cerita kehidupan berwirausaha.

Salah satu hal terpenting yang dapat dilakukan wirausahawan adalah menjangkau dan belajar dari mereka yang lebih berpengalaman daripada anda sendiri. Tapi tentunya bisa juga mereka adalah pesaing terbesar anda, ataupun mantan karyawan dari pesaing anda. Tentunya membentuk koneksi pada orang yang bijak dan sukses tentu tidak mudah, namun bukan berarti tidak mungkin.

Orang-orang yang lebih dulu berwisausaha bisa saja memperoleh usaha warisan dari orang tua atau kakek-nenek buyutnya, Namun, tentu ada saja kesempatan untuk menimba ilmu dan pengalaman hidup mereka dalam setiap kesempatan sosial. Bisa saja anda beranggapan orang berpengalaman ini disebut sebagai “mentor”. Seorang mentor dapat membantu Anda mengatasi tantangan terkait bisnis tertentu, memahami strategi pemasaran Anda, dan lebih memahami demografis target Anda.

Alat ukur Sylvac Swiss memiliki harga yang kompetitif dengan alat ukur Mitutoyo Jepang.

4) “MEREKA MENYEBUT ANDA “BAIK HATI” DAN MEMBUAT ANDA KEHILANGAN RUMAH, MEREKA MENYEBUT ANDA “PEMBERANI” DAN MEMBUAT ANDA KEHILANGAN NYAWA.”

Cömert der maldan ederler, yiğit der candan ederler.

Tidak perlulah anda melihat pujian dan ucapan manis dari orang lain sebagai bentuk pengakuan orang dari kehebatan anda sendiri. Perlu anda sadari bahwa setiap pujian dan sanjungan tersebut TIDAK GRATIS. Anda perlu bijak memahami apa maksud dan motivasi orang lain yang selama ini tidak berjuang dengan anda, namun tiba-tiba memuji dan memberi anda gelar kehormatan. Begitu juga ketika anda mencari sebuah produk yang sedang gencarnya diiklankan. Pasti ada udang dibalik batu, pasti ada maksud dibalik ucapan manis sales bintang iklan itu.

Sebagai pengusaha, kehati-hatian itu wajar, namun lihat pengeluaran dan pembelian alat kerja penunjang bisnis itu sebagai investasi jangka panjang. Barang yang dipromosikan terus menerus dan nampaknya populer belum tentu juga berkualitas. Ada banyak merek mesin yang bermerek bagus dan sudah memiliki reputasi awet dipasaran tentu saja lebih mudah untuk dicari partnya maupun jika dijual kembali. Cobalah untuk jernih menilai suatu merek dan melakukan investasi pada hal-hal yang sudah TERBUKTI berkualitas tinggi yang akan membantu mengembangkan bisnis Anda.

Rasa curiga dan khawatir sebagai pemilik bisnis baru memang wajar saja. Banyak hal yang belum pasti dan berisiko sehingga cenderung sangat khawatir mengeluarkan uang untuk bisnis. Anda tidak perlu pengakuan dan pujian dari siapapun, anda tidak perlu mengorbankan diri agar dipandang hebat. Anda hanya perlu menentukan target anda sendiri dan berusaha menyusun rencana kerja yang baik tanpa ego pribadi yang justru tidak berguna dan sia-sia.

5) “POHON BISA BENGKOK KETIKA MASIH MUDA.”

Aĝaç yaş iken eĝilir

Dunia kerja dan usaha yang baru saja dimulai, bisa saja selalu berkembang dinamis mengikuti apa yang lagi trend di pasar. Misalnya saat bencana epidemi coronavirus 2020 ini masker sedang laku dan hand sanitiser sedang dibutuhkan, anda pun terinspirasi menggapai peluang usaha itu, namun sampai kapan?. Seiring waktu, usaha tersebut menjadi matang dan tentu diramaikan dengan banyak kompetitor. Setelah dunia berangsur pulih, apakah usaha tersebut masih bisa lagi menguntungkan? Apakah rencana anda berikutnya? Bukankah orang lain juga banyak yang melakukan usaha tersebut ketika masih musimnya?

Di dalam dunia wirausaha, jika Anda masih pemula, tentu anda bisa bergerak lebih cepat dan fleksibel dalam menangkap peluang daripada perusahaan lain yang sudah tahunan berada dibindang itu. Anda WAJIB untuk terus belajar untuk fleksibel dan mencari peluang saat usaha anda baru saja dimulai! Memulai bisnis baru dan membuat diri sendiri untuk bekerja tekun memang membutuhkan semangat dan upaya besar yang juga diiringi dengan imbalan yang besar pula. Kementerian Koperasi dan UKM RI juga melaporkan bahwa secara jumlah unit, UMKM memiliki pangsa sekitar 99,99% (62.9 juta unit) dari total keseluruhan pelaku usaha di Indonesia (2017), sementara usaha besar hanya sebanyak 0,01% atau sekitar 5400 unit. Tentu kesuksesan itu bisa diwujudkan dengan strategi wirausaha yang diterapkan oleh anda sendiri.

Waktu, uang dan tenaga yang Anda dan orangtua habiskan untuk membesarkan anda, memodali pendidikan belajar, sama pentingnya untuk mempraktekkan pengetahuan itu. Justru terkadang, guru juga belum tentu lebih paham daripada anda sendiri dan guru anda belum tentu juga memahami permasalahan anda sendiri. Orang yang bisa mengembangkan usaha itu adalah anda sendiri.

6) “KAIN KAFAN TIDAK ADA SAKU KANTONGNYA.”

Kefenin cebi yok.

Pada dasarnya, orang kaya dan miskin memiliki 2 hal yang setaraf, yaitu sama-sama memiliki waktu 24 jam, dan sama-sama hidup menua dan resiko kematian. Besarnya rekening saldo kita tidak pernah menjadikan jaminan bagi kebahagiaan hidup didunia dan akhirat. Setelah kita meninggalkan dunia ini, tentu yang telah kita lakukan selama ini harus diwariskan kepada generasi berikut. Entah perusahaan kita, dan apapun yang kita kerjakan justru tidak akan bisa membeli umur yang sudah kita habiskan. 

Kekayaan didunia dan alam semesta ini memang tidak terbatas dan rasanya bodoh sekali jika kita secara berlebihan mengorbankan umur kita yang terbatas ini untuk mengumpulkan kekayaan yang tak terbatas itu. Alasan terbesar yang umum kita dengar dari pengusaha sukses juga adalah menentukan kapan untuk pensiun dan apa yang perlu dilakukan dengan uang yang sudah terkumpul. Anda juga perlu menyadari di usia berapa akan memutuskan pensiun dan cara yang tepat untuk menikmati uang jerih payah anda tersebut sekaligus membagikan dan mendermakan uang tersebut bagi yang anda anggap membutuhkan.

Walaupun proses tumbuh kembang dan ras serta lingkungan setiap orang bisa beragam, tentunya kesamaan waktu itu saja sudah merupakan modal yang wajib kita manfaatkan. Kita perlu juga mempelajari manajemen umur dan cara mengatur hidup kita disetiap tahapan proses kehidupan yang tentunya membutuhkan biaya.

Produsen Cutting tool Kennametal asal Amerika Serikat mengakuisisi WIDIA ditahun 2002 untuk memperluas jangkauan dan kemampuan produksinya dengan jenis cutting tool paling terjangkau pasar Indonesia dan ASEAN yang dibuat di India.

7) “POHON YANG BERBUAH PASTI DILEMPARI BATU .”

Meyveli ağaçı taşlarlar.

Jika kita ingin memiliki buah mangga, maka bisa kita mulai dengan menanam bibit mangga, berkorban merawat dan mengurus hingga tumbuh dan mau menunggu pertumbuhan pohon mangga tersebut. Anda perlu memiliki kemampuan untuk memahami waktu pribadi dan waktu bekerja sembari menyaksikan pertumbuhan usaha anda. Tapi jangan lengah, saat buah sudah muncul, tentu banyak orang lain yang ingin menaksir harganya, dan bahkan mencuri memetik buahnya.

Anda juga mesti mampu membagi dan membatasi kehidupan pribadi dengan kehidupan profesional. Plihlah rekan kerja Anda dengan bijak dan carilah kontrak yang menguntungkan bersama. Kesetaran ini juga perlu ada batas yang jelas. Mungkin buah dari pohon anda perlu ditutup kantong plastik agar tak mengundang pihak yang berniat ingin mencuri dengan melempari batu.

Ini adalah pelajaran tentang betapa pentingnya ketika memulai bisnis dengan mitra, di mana pun, ada gunanya melakukan percakapan jujur di depan tentang ekspektasi, dan bagaimana mitra yang berkinerja buruk akan dikelola. Dan apa pun yang Anda lakukan, tulis semuanya dengan cara yang tepat untuk memastikan kesiapan mental dan kedudukan yurisdiksi Anda.

Teknologi Dino-Lite asal Taiwan bisa mengupgrade microscope standar anda menjadi lebih baik dengan Eye-piece digital. Mikroskop lama anda bisa digunakan dengan umur ekonomis yang lebih panjang lagi dengan kemampuan digital.

8) ‘AMBIL YANG PAHIT DENGAN YANG MANIS’

Gülü seven dikenine katlanır.

Bekerja dan mencari nafkah itu seperti minum kopi. Disamping manfaat kopi yang mendukung kerja kita agar fokus, Kopi juga rasanya pahit, walaupun sudah banyak gula dicampurkan. Begitupula dengan setiap keputusan yang anda buat. Disamping keuntungan, tentu ada resiko yang harus anda tanggung. Apakah suka-duka itu bisa anda pahami dan terima dikemudian waktu? 

Ketika anda memulai usaha, membangun kantor dan operasional usaha, tentu dibutuhkan pengorbanan yang tidak sedikit. Pemerintah dan pihak berwajib bisa saja akan mentoleransi bisnis yang baru mulai itu untuk melanggar segala macam aturan dan regulasi agar usaha itu cepat tumbuh. Setelah cukup besar, dan dianggap sebagai sapi perah, mereka bisa saja akan menunjukkan pelanggaran, mengeluarkan denda yang sangat tinggi, dan menyita aset bisnis anda. Oleh karena itu, tidak sulit untuk melihat mengapa kita tidak boleh menerima begitu saja struktur yang ada di daerah anda tersebut.

Dalam dunia usaha memang masih banyak aspek yang belum diatur dan “Tidak salah, dan tidak melanggar hukum atau terkesan abu-abu”. Dalam banyak hal, seringkali pelaku kejahatan tertarik untuk melakukan aksinya karena melihat usaha anda nampak bagus dan menyadari ada celah kesempatan dan kelengahan anda. Oleh sebab itulah, kepastian regulasinya dan jaminan penegak hukum saat berwirausaha memang perlu dilakukan, tapi anda juga perlu melihat kepada siapa anda berbisnis dan didaerah mana anda berwirausaha.

Di beberapa daerah di Indonesia misalnya, ada daerah tertentu yang masih memiliki rintangan premanisme walaupun anda sudah memiliki semua perizinan dan persayaratan. Seringkali pesaing anda juga melakukan segala upaya untuk menghambat anda dengan persaingan tidak sehat.

Kejelasan payung hukum memang penting. sebagai pemilik bisnis, anda akan sangat terbantu karena tahu persis berdiri diposisi mana, baik itu tentang perpajakan, regulasi, atau pekerjaan. Anda tahu apa yang tidak boleh dilakukan untuk tetap berada di sisi kanan hukum. Untuk itulah perlu anda kembangkan network anda dan berteman dengan mereka yang senasib dan sepenanggungan. Memiliki rekan dan partner yang nampaknya mahal namun bisa diandalkan tentu lebih baik daripada mempercayakan orang yang mencurigkan dan tidak jelas latar-belakangnya.

KESIMPULAN

Kata-kata mutiara ini tidak akan berguna jika anda tidak menerapkan maknanya pada kehidupan wirausaha anda dengan sesuai. Kami harap anda juga bisa menemukan falsahah hidup wirausaha untuk mengomunikasikan ide-ide kompleks dengan fasih dan jelas dalam aktifitas berusaha anda. Dibutuhkan mengambil risiko, berpikir di luar kotak, dan memiliki keberanian untuk melakukan sesuatu yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Inovasi juga mengubah model bisnis Anda untuk memberikan produk atau layanan yang lebih baik, karenanya, itu harus menjadi bagian dari strategi bisnis Anda, di mana Anda menciptakan budaya pemikiran kreatif dan memetakan arah masa depan organisasi Anda.

Jika Anda berminat untuk membeli alat kerja perbengkelan profesional ataupun beragam alat ukur dimensi metric lainnya silahkan hubungi kami melalui chat online yang ada di pojok kanan bawah website ini atau melalui email : [email protected]

Semoga bermanfaat. Wassalam!


Sumber:

Tim Kreatif Metalextra.com, Tulisan ini merupakan opini Pribadi di media milik sendiri.

Originally posted on November 1, 2020 @ 8:48 am

error: Alert: Content is protected!
%d blogger menyukai ini: