Panduan penggunaan mesin milling yang aman

Produk yang berkualitas tinggi dan presisi tentu saja dipengaruhi oleh suasana lingkungan kerja yang nyaman, kondisi mesin kerja yang prima dan operator yang terampil. Penggunaan mesin dengan baik tentu mempengaruhi kenyamanan dalam bekerja dan menghindari kecelakaan. Oleh sebab itulah perlu dibentuk rutinitas dan kebiasaan kerja yang aman dalam penggunaan kacamata pengaman, set-up, dan peralatan perlu diperhaitkan. Dalam artikel ini kita akan membahas pedoman penggunaan mesin bubut, mesin bor dan perkakas milling dengan aman.

ATURAN & DASAR KESELAMATAN UNTUK MESIN PENGGILINGAN

Mesin penggilingan digunakan untuk memotong logam untuk mengebor, slot, dan menghilangkan logam di bidang horizontal. Berikut ini contoh Aturan Keselamatan dan persyaratan keselamatan khusus untuk mesin penggilingan:

Jangan melakukan kontak dengan pemotong berputar. Jauhkan jari setidaknya 6 inci.

Bahkan pemotong non-revolving adalah jam tangan yang sangat tajam di mana Anda meletakkan tangan Anda

Lepas kunci pas spindel segera setelah memasang mata bor pada collet.

Letakkan alas kayu atau penutup yang sesuai di atas permukaan meja untuk melindunginya dari kemungkinan kerusakan…atau JANGAN PERNAH letakkan kunci pas, palu atau alat logam lainnya di atas meja penggilingan.

Mintalah bantuan rekan kerja anda saat memindahkan attachment dan aksesoris bubut yang berat.

Jangan mencoba mengencangkan mur punjung menggunakan tenaga mesin.

Saat memasang atau melepas pemotong frais, selalu pegang dengan lap untuk mencegah tangan Anda terpotong.

Saat menyiapkan pekerjaan, pasang pemotong terakhir agar tidak terpotong.

Jangan sekali-kali menyetel benda kerja atau perangkat pemasangan kerja saat mesin beroperasi.

Periksa dan atur kecepatan, umpan, dan kedalaman pemotongan yang tepat sebelum memotong logam

Serpihan chips material harus dibersihkan dan dikeluarkan dari benda kerja dengan penggaruk dan sikat yang sesuai

Jangan meniup serpihan atau membersihkan slide mesin dengan selang udara. Gunakan kuas dan vakum toko.

Matikan mesin sebelum melakukan penyesuaian atau pengukuran.

Saat menggunakan minyak potong, cegah percikan dengan menggunakan pelindung percikan yang sesuai. Memotong minyak di lantai dapat menyebabkan kondisi licin yang dapat mengakibatkan cedera operator

Saat melonggarkan collet, ketuk bagian atas draw bar dengan palu berwajah lembut HANYA-tanpa baja! (UNM-LA)

Saat menggunakan power table feed (UNM-LA), pastikan tidak ada orang yang berdiri di dekat gagang meja

Tahu bagaimana menunjukkan-di catok dan tram-in kepala untuk memastikan semuanya persegi

Beberapa bentuk cairan pendingin atau cairan pemotong harus digunakan saat memotong logam

Gunakan paralel untuk memposisikan pekerjaan di ragum, dan berhati-hatilah agar pemotong tidak menyentuh ragum atau meja.

Jaga kebersihan rahang ragum maupun klem agar bagian dan rahang tidak menjadi “bengkok” ataupun retak.

EVALUASI AKSESIBILITAS BERKALA DEMI KENYAMANAN OPERATOR PERKAKAS MESIN

Mesin milling memang ada banyak jenis desain dan mereknya. Ada yang manual, semi-auto bahkan sudah full axis machining center. Tentu saja ada lusinan merek dan pabrikan lain yang memproduksi mesin penggilingan milling maupun bubut CNC yang bagus dan presisi, dan Anda harus selalu melakukan riset terhadap model individual yang Anda beli agar sesuai cara penggunaannya. Toolholder dan perkakas yang panjang, yang menghasilkan kecepatan rendah, kedalaman pemotongan rendah, dan kemungkinan getaran chatter lebih tinggi.

Saat perekrutan tenaga teknisi maupun operator memang ada persyaratan tinggi badan maupun postur tubuh operatornya, namun seringkali penyetelan ini perlu dilakukan secara rutin pula. Untuk meningkatkan akses, dan pada gilirannya kinerja alat, kita perlu memahami area gangguan yang umum. Misalnya OD dari rumah spindel, untuk satu, membatasi seberapa dekat meja bisa datang ke alat, yang merupakan sesuatu yang mungkin tidak menjadi pertimbangan untuk pemesinan 3-sumbu, kecuali untuk bagian dengan kantong atau kontur yang dalam.

Dengan memiliki rak penyimpanan dan manajemen cutting tool sesederhana apapun, anda bisa dengan mudah mencari alat kerja yang sesuai.

KESIMPULAN

Pisau industri memang sangat tajam dan memerlukan tindakan pencegahan keamanan khusus saat digunakan. Oleh sebab itulah dibutuhkan kedisiplinan operator sesuai aturan dan panduan dalam mengikuti praktik keselamatan yang baik. Jika Anda berminat untuk membeli alat kerja milling profesional ataupun beragam alat aksesoris machining dan cutting tool dimensi metric lainnya silahkan hubungi kami melalui chat online yang ada di pojok kanan bawah website ini atau melalui email : [email protected] Semoga bermanfaat. Wassalam!


Sumber: Tim Kreatif Metalextra.com, Tulisan ini merupakan opini Pribadi di media milik sendiri.

Awalnya dipublikasikan pada11 Januari 2020 @ 8:28 pm

Tinggalkan Balasan

error: Alert: Content is protected!