Mikroskop Digital Apa Fungsinya?

Pernahkah Anda perlu melakukan pengamatan lalu ingin mengukur dimensi kecil dari obyek yang diamati itu? Jika Anda bekerja di industri yang membuat komponen suku cadang atau perlengkapan kecil, kemungkinan besar Anda sudah melakukannya. Ada banyak industri di mana proses pemeriksaan akurasi bentuk dan kerataan diperlukan bantuan visual dengan fitur perekaman data gambar maupun video. Dalam artikel ini akan kita bahas lebih ringkas tentang mikroskop digital dan kegunaannya. 

MIKROSKOP DIGITAL – SISTEM MODERN UNTUK TUGAS YANG PRESISI

Mikroskop digital merupakan alat kerja yang efisien untuk memeriksa dan menganalisis berbagai objek mulai dari komponen fabrikasi mikro hingga perangkat elektronik besar. Mikroskop digital digunakan dalam berbagai industri, seperti pendidikan, penelitian, kedokteran, forensik, dan manufaktur industri.

Mikroskop digital berbeda secara fundamental dari versi analog klasik yang banyak digunakan. Dengan mikroskop digital, objek ditangkap dengan bantuan sensor gambar. Hasilnya kemudian terlihat di monitor atau komputer. Fitur-fitur ini membuat mikroskop digital cocok untuk aplikasi khusus di mana mikroskop biasa tidak lagi memadai. Industri khususnya bergantung pada mikroskop digital. Dalam kontrol kualitas dan analisis kerusakan, mikroskop digital memberikan presisi yang diperlukan. Laboratorium dan lembaga penelitian juga mendapat manfaat dari gambar yang tepat dan keunggulan teknis dari teknologi digital.

FITUR TEKNIS MIKROSKOP DIGITAL

Keuntungan yang paling jelas dari mikroskop digital yaitu desain dan ergonomi instrumen visual ini. Karena gambar sampel ditampilkan di monitor, pengguna dapat langsung melihatnya dan menganalisis gambar sampel menggunakan perangkat lunak sambil duduk dalam posisi tegak yang nyaman dan santai. Jika Anda bekerja di laboratorium penelitian dengan hasil sampel yang tinggi, atau, jika Anda menggunakan mikroskop selama berjam-jam, mikroskop digital adalah pilihan terbaik Anda. Karena gambar langsung ditampilkan di layar komputer, Anda akan dapat menganalisisnya dengan nyaman.

Mikroskop digital menawarkan banyak fitur yang hanya mungkin dengan teknologi ini. Ini termasuk, misalnya, fokus otomatis. Ini memastikan bahwa objek di bawah sensor gambar difokuskan secara langsung dan otomatis. Keuntungan lainnya adalah jangkauan pembesaran yang besar. Dengan mikroskop digital, perbesaran antara faktor 1,8x dan 200x dimungkinkan. Teknologi digital memungkinkan perbesaran terus menerus, yang juga tidak mungkin dilakukan dengan mikroskop klasik.

Mikroskop digital kompatibel dengannya dan dapat dengan mudah diintegrasikan ke dalam infrastruktur. Misalnya, mikroskop memiliki antarmuka usb atau output dalam HDMI. Ini memungkinkan, misalnya, untuk membuat gambar atau bahkan video objek secara langsung. Gambarnya detail dan tajam, karena mikroskop digital mendukung resolusi 1920×1080 dan 2 megapiksel. Dimungkinkan juga untuk merekam video dalam kualitas ini dan pada 60 fps. Video dan gambar juga dapat disimpan pada pembawa data eksternal seperti usb-stick jika terhubung langsung ke mikroskop.

Keuntungan lain dari teknologi digital adalah perangkat lunak yang menyertainya. Hal ini memungkinkan evaluasi yang tepat dan segera dari hasil pengukuran. Dengan cara ini, misalnya, pengukuran ukuran benda dimungkinkan. Jika diinginkan, perangkat lunak juga dapat mengukur besaran geometris tertentu, seperti sudut atau jari-jari. Teknologi pengukuran digital memungkinkan presisi tinggi dalam pengukuran ini. Selain itu, ekspor data langsung ke perangkat lunak CAD tidak menjadi masalah, yang membawa keuntungan signifikan dalam bidang teknik. Dengan cara yang sama, hasil pengukuran juga dapat ditransfer ke spreadsheet.

MIKROSKOP PENGUKUR DIGITAL UNTUK PEKERJAAN SELULER

Mikroskop pengukur digital nirkabel yang ringkas dirancang khusus untuk tugas pengukuran bergerak. Mikroskop pengukur digital nirkabel semacam itu dapat dihubungkan ke komputer melalui Wi-Fi, di mana data dapat dilihat secara real time dalam perangkat lunak terkait. Demikian juga, koneksi ke tablet dan smartphone dengan iOS atau Android dimungkinkan. Ini memberikan tingkat kebebasan yang sangat tinggi dalam memilih pengaturan pengukuran dan dalam pekerjaan bergerak.

Mikroskop digital nirkabel memperbesar objek dengan faktor antara 10x dan 200x. Daya disuplai oleh baterai internal dan dapat diisi ulang. Dudukan pengukur universal tersedia sebagai aksesori, yang dengannya pengaturan uji profesional seperti pada stasiun pengukuran juga dimungkinkan saat bepergian.

MIKROSKOP 3D UNTUK PENGAMATAN OBJEK PLASTIK

Kelas terpisah dalam mikroskop digital adalah mikroskop 3D. Objek tiga dimensi dapat dilihat secara plastis dengan mikroskop ini. Hal ini memungkinkan representasi spasial objek dan melihat dari semua sisi. Dengan cara ini, mikroskop 3D mengungkapkan detail yang tetap tersembunyi dengan teknik tampilan dua dimensi konvensional. Area aplikasi yang mungkin, misalnya, kontrol kualitas komponen elektronik, papan sirkuit atau perhiasan. Mikroskop 3D juga dapat digunakan untuk memproses ini dan bagian-bagian kecil yang serupa.

Mikroskop 3D bergerak dengan gerakan putar bermotor. Ada sistem kontrol terpisah yang juga mengaktifkan iluminasi. Lensanya sendiri bisa diputar 360 derajat. Pengamatan spasial objek diwujudkan dengan bantuan cermin. Ini disesuaikan dan dengan demikian mengubah sudut pandang pada objek. Sistem ini mampu fokus otomatis. Gambar dan video beresolusi tinggi dengan 1080p juga tersedia di sini, yang dapat diekspor melalui usb atau ditampilkan langsung di monitor melalui antarmuka HDMI.

KESIMPULAN

Jika Anda berminat untuk membeli perlengkapan machine tooling, cutting tool maupun quality tester silahkan hubungi kami melalui chat online yang ada di pojok kanan bawah website ini atau melalui email : [email protected]
Semoga menambah bahan referensi anda! Wassalam!


Sumber:
Tim Kreatif INSIZE Indonesia, Tulisan ini merupakan opini Pribadi di media milik sendiri.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: