Kalibrasi Alat Ukur dan inspeksi kenapa diwajibkan?

Hanya sedikit orang yang menyadari peran penting dan pentingnya kalibrasi dalam kehidupan sehari-hari mereka. Namun kalibrasi meningkatkan jaminan pengukuran presisi yang diperlukan dalam penelitian, pengembangan, dan inovasi, serta produksi jutaan produk dan layanan di seluruh dunia. Berhenti sejenak dan lihat sekeliling Anda sekarang; sebagian besar peralatan dan perangkat yang Anda gunakan sehari-hari itu diproduksi dalam spesifikasi pengukuran ketat yang dijamin oleh standar kalibrasi.

APA ITU KALIBRASI?

Setiap perangkat yang kita gunakan untuk mengukur kuantitas fisik di sekitar kita akurat perlu kita pastikan akurasinya. Dari alat ukur suhu hingga bidang pabrikasi dan bidang medis, dari industri otomotif hingga pertanian, memperoleh pengukuran yang akurat sangat penting untuk membuat keputusan dan melakukan tugas.

Proses kalibrasi dengan komparator presisi meliputi Inspeksi menyeluruh yang melibatkan kolaborasi inspeksi visual seperti mikroskop dan teknologi pengecekan seperti pengujian ultrasonik, dan pengukuran optik non-kontak dan Photogrammetry Nondestructive testing (NDT). 

Standar industri mengharuskan semua fabrikasi untuk mengkalibrasi setiap inspeksi, pengukuran, alat uji dan perangkat terhadap peralatan bersertifikasi dengan hubungan yang valid dengan standar yang diakui (misalnya ISO 9002 dll.). Oleh karena itu, setiap fabrikasi harus beroperasi dengan keseimbangan antara “kalibrasi internal” dan “Kalibrasi eksternal”.

Proses kalibrasi merupakan proses perbandingan dan penjajaran antara pengukuran standar dan yang digunakan untuk mengukur dan mensetting serta menyetelnya agar terus akurat sesuai standard yang digunakan. Mengkonfigurasi instrumen, memberikan jaminan bahwa hasil ukur yang ditampilkan bisa disampaikan sesuai dengan target kualitas.

KALIBRASI KENAPA DIWAJIBKAN?

Banyak alat ukur presisi digunakan untuk memastikan bahwa komponen yang dibuat oleh bengkel anda diukur sesuai gambar spek dan berdasarkan data yang benar. Instrumen-instrumen ini harus cukup akurat sehingga dapat diandalkan untuk mengambil keputusan dan melakukan tugas. Karena alasan ini, kalibrasi alat ukur dilakukan untuk memastikan bahwa pengukuran sesuai dan memberikan informasi yang benar.

Ketika memeriksa ketepatan instrumen melalui kalibrasi, alat ukur itu harus lebih akurat daripada si perangkat pengukur yang dibandingkan dengan yang standar. Jika muncul kasus di mana pengukuran tidak memenuhi harapan dengan kriteria, maka dengan bantuan kalibrasi itu disesuaikan untuk mencapai spesifikasi tertentu. Kalibrasi diam-diam di belakang layar memastikan pengukuran presisi yang penting untuk kenyamanan, kualitas dan keamanan produk dan inovasi yang kami nikmati dan andalkan setiap hari meliputi:

  • Semua sistem transportasi & terkait termasuk mobil, kereta api, pesawat, dan pompa bensin

  • Semua elektronik termasuk telepon, layanan telepon seluler, komputer, peralatan, dan perangkat pengujian dan pengukuran

  • Semua produk farmasi dan obat-obatan

  • Semua perangkat medis seperti alat pacu jantung dan proses seperti sterilisasi

  • Semua kedirgantaraan dan sistem terkait termasuk roket, satelit, dan Stasiun Luar Angkasa Internasional

  • Produksi, pengiriman, dan penyimpanan makanan

  • Perdagangan barang-barang seperti minyak, biji-bijian dan emas

  • Penelitian ilmiah, pengembangan dan inovasi
    Dan daftarnya terus bertambah di alam semesta yang terus berkembang dari jutaan layanan lain dan barang-barang manufaktur di seluruh dunia

KALIBRASI KAPAN DILAKUKAN?

Akurasi menjadi faktor yang paling penting ketika menggunakan mesin karena keandalan proses produksi benar-benar tergantung pada manajemen kualitas, terutama ketika kompetitor dan pesaing dalama industri tersebut sangat banyak dan kompetitif. Untuk tujuan ini, menjadi sangat diperlukan untuk mencari spesifikasi alat ukur yang bisa diandalakan dan dipercayai oleh konsumen end user untuk memeriksa ketepatan dan akurasi.

Proses Kalibrasi ini juga diwajibkan oleh peraturan dan perundang-undangan industri disuatu negara secara khusus. Rutinitas kalbrasi juga berfungsi sebagai jaminan bagi pelanggan anda dan end user bahwa alat yang digunakan untuk pengukuran sangat teliti. Untuk pemahaman yang lebih baik, kami membawa Anda beberapa alasan lagi yang jelas akan menjelaskan nilai terpentingnya.

Kesalahan manusia dalam proses pengukuran bisa diminimalisir dengan proses kalibrasi rutin. Tidak hanya alat ukur dimensi yang perlu dicek akurasinya. Alat inspeksi visual dan NDT umumnya digunakan dalam teknik forensik, teknik mesin, teknik perminyakan, teknik elektro, teknik sipil, teknik sistem, teknik aeronautika, kedokteran, dan seni juga harus bisa dicek akurasinya. Kepastian mengenai akurasi dan Inovasi di bidang pengujian tak rusak telah memiliki dampak mendalam pada pencitraan medis, termasuk pada ekokardiografi. ultrasonografi medis, dan radiografi digital. Hasilnya biasanya dibandingkan dengan persyaratan dan standar yang ditentukan untuk menentukan apakah item atau kegiatan tersebut sesuai standar industri.

BIAYA PRODUKSI BISA DITEKAN DENGAN KALIBRASI!

Terkadang, industri manufaktur besar mungkin menghadapi beberapa kekurangan dalam produksi. Akibatnya, biaya itu naik. Meskipun cacat akan kecil, biaya defect atau barang tak lulus standar yang terbuang, terbukti menjadi beban tinggi pada produsen. Mengapa? Karena barang defect itu tidak hanya akan mahal dalam bentuk sumber daya, tetapi juga sebagai buang-buang waktu. Hal ini dapat dihindari melalui kalibrasi alat ukur yang memverifikasi apakah memberikan hasil yang sesuai atau tidak.

Ada dua jenis metode inspeksi yang umum digunakan; tipe alat ukur sentuh seperti toleransi atau Go/NoGo, alat uji tingkat kekasaran permukaan maupun tipe alat ukur berbatas angka seperti alat ukur dimensional. Tipe yang kedua merupakan tipe alat inspeksi tidak sentuh seperti mikroskop dan profile projector yang mengecek dan mengukur dimensi berdasarkan tampilan fisik, warna, getaran suara ultrasonik elektrik dan nilai optik.

Apapun jenis metode dan alat kerja yang digunakan, tentu saja alat kalibrasi dan pengukur jelas akan mengurangi risiko untuk mencapai segala kemungkinan cacat produksi. Tetapi, pastikan bahwa sensor yang digunakan untuk pemantauannya sesuai dalam proses ini. Namun, tentu saja produk dengan merek tertentu juga beresiko terhadap pemalsuan, terutama produk ternama, Seringkali justru pedagang yang mengaku dealer resmi justru menjadi pelaku distribusi alat ukur aspal (Asli palsunya). Tentunya sebagai lat kerja yang menjadi acuan takar dan ukur, dibutuhkan ketelitian dan sertifikasi untuk mengetahui keasliannya.

SERTIFIKASI KALIBRASI FUNGSINYA APA?

Di zaman kontemporer saat ini, kita dikelilingi oleh teknologi yang berkembang dengan cepat. Penggunaan alat ukur Vernier caliper misalnya, membutuhkan pencatatan manual diatas kertas yang kemudian diketik secara manual di Komputer. Terkadang justru yang paling aman dan mudah digunakan adalah kaliper berteknologi wireless yang mampu mencatata hasil pengukur tersebut langsung di spreadsheet koputer seperti di microsoft Excel maupun software lainnya. Tentu hal ini juga butuh proses kalibrasi dan manajemen database yang teliti.

Setiap fungsi instrumen pengukuran perlu diverifikasi di bawah proses kalibrasi agar menjaga semua proses aman. Semua perangkat dan mesin yang digunakan untuk menghasilkan produk memastikan keamanannya melalui proses ini. Namun tentunya anda juga mempertimbangkan budget dan biaya kalibrasi yang seringkali lebih mahal daripada membeli baru. Semuanya itu tentu perlu dipertimbangkan kembali. Jika ternyata biaya kalibrasi bisa menjadi setengha dari biaya pembelian unit alat ukur baru atau justru sudah mengalami penyusutan yang dramatis dalam penghitungan akuntansi, tentunya lebih menguntungkan jika anda membeli produk yang lebih baru tadi.

Keakuratan alat ukur memburuk seiring dengan penggunaan, waktu dan tempat penyimpanan serta sifat material dari alat ukur itu sendiri. Dan keausan alat ukur maupun mesin ini terjadi karena beberapa faktor yang mempengaruhinya. Oleh karena itu, menjadi penting untuk mencari keamanannya, yang dapat dimungkinkan dengan mengkalibrasi alat pengukur dengan mahir. Namun, dapat dikatakan bahwa penyetelan mesin kerja juga bisa dipertahankan akurasinya melalui alat ukur komparasi yang tersertifikasi dan terus secara rutin di kalibrasi.

Sekarang karena Anda diperkenalkan dengan pentingnya instrumen kalibrasi. Sudah saatnya mempertimbangkan poin-poin ini dalam proses manufaktur Anda. Selain itu, sudah pasti bahwa proses verifikasi ini tidak akan membahayakan produksi dengan cara apa pun. Sertifikasi kalibrasi dari pabrikan juga menjadi pertanda dan jaminan bahwa alat ukur tersebut memang sudah diuji sesuai standar yang diakui internasional.

Saat mempertimbangkan vendor kalibrasi, reputasi juga penting. Anda harus mengunjungi dan mengonfirmasi peralatan pengujian mereka dan dengan standar apa metode pengujian mereka dapat disertifikasi (misalnya, ISO, MIL, KAN, UKAS, ANSI). Selidiki siapa dan kualitas apa metode kontrol sudah tersedia? Anda juga perlu memastikan tingkat fasilitas kamar bersih mereka, apa toleransi kontrol pada suhu dan kelembaban, dan bagaimana peralatan dilindungi dari efek getaran luar.

KESIMPULAN

INSIZE.co.id menawarkan komparator presisi maupun perlengkapan block gauge dan standard block terbaik dengan akurasi Swiss berkualitas tinggi. Untuk melayani minat Anda tentang cara melakukan perbandingan presisi in-house dan inspeksi kualitas yang lebih baik, silakan tanyakan kepada departemen penjualan kami.

Jangan ragu untuk mencari bantuan dari spesialis yang dapat membantu Anda memilih yang akan memberi Anda manfaat maksimal. Hubungi kami melalui chat online yang ada di pojok kanan bawah website ini atau melalui email : [email protected] Semoga bermanfaat. Wassalam!


Sumber:

Tim Kreatif Insize.co.id, Tulisan ini merupakan opini Pribadi di media milik sendiri.

Tinggalkan Balasan

error: Alert: Anda tidak diperbolehkan untuk menyimpan halaman ini!
%d blogger menyukai ini: