AIR CYLINDERS ITU APA?

Air Cylinder atau Silinder udara digunakan dalam tugas otomasi industri di bidang otomotif, pemrosesan makanan, penanganan material, dan aplikasi robotika. Silinder udara (juga disebut silinder pneumatik), jenis aktuator linier yang paling umum, menggunakan udara bertekanan untuk menarik dan mendorong batang piston masuk dan keluar dari tong silinder. Gerakan ini menggerakkan mekanisme yang terhubung ke batang, atau (untuk item yang terlepas) mengarahkan atau memblokir perjalanan menggunakan pelat yang dipasang di batang. Silinder udara menjalankan fungsi mendorong, menarik, mengangkat, menurunkan, menekan, dan menghentikan, dan mereka datang dalam beberapa tipe tubuh yang berbeda, termasuk bulat, kompak, batang pengikat, pemandu, perosotan, dan penjepit.

JENIS AKTUATOR PENUMATIK

Aktuator pneumatik terbagi dalam dua kelas: linier dan putar. Aktuator linier menggerakkan objek dalam garis lurus, sedangkan aktuator putar memutar objek, atau memutarnya ke berbagai arah. Silinder pneumatik dapat berupa aksi tunggal, dengan satu port udara terkompresi untuk mendorong batang dalam satu arah dan pegas untuk mengembalikan batang, atau aksi ganda, dengan dua port udara terkompresi di ujung silinder yang berlawanan untuk memperpanjang dan menarik kembali tongkat. Untuk pengoperasian piston yang lebih tenang, silinder udara dapat dilengkapi dengan bantalan di salah satu atau kedua ujung larasnya. Beberapa gaya pemasangan tersedia untuk memasang ujung silinder udara ke komponen yang bergerak dalam sistem pneumatik dan untuk pemasangan ke permukaan yang kaku.

PRINSIP KERJA AKTUATOR PENUMATIK

Silinder Udara atau Silinder Pneumatik merupakan alat mekanis yang menggunakan kekuatan gas terkompresi untuk menghasilkan gaya dalam gerakan linier bolak-balik. Mirip dengan silinder hidrolik, tekanan udara digunakan untuk memaksa piston bergerak ke arah yang diinginkan. Piston adalah cakram atau silinder, dan batang piston mentransfer gaya yang dikembangkannya ke objek yang akan digerakkan. Insinyur lebih suka pneumatik karena lebih tenang, lebih bersih, dan tidak membutuhkan banyak ruang untuk penyimpanan cairan. Karena fluida operasi adalah gas, kebocoran dari silinder pneumatik tidak akan menetes dan mencemari sekitarnya, membuat pneumatik lebih diminati di mana kebersihan merupakan persyaratan.

Silinder Udara dengan vakum isap tersedia dalam berbagai ukuran dan biasanya dapat berkisar dari kecil 2,5 mm (1⁄10 inch), yang dapat digunakan untuk mengambil transistor kecil atau komponen elektronik lainnya, hingga 400 mm (16 inch) silinder udara berdiameter yang akan memberikan kekuatan yang cukup untuk mengangkat mobil. Beberapa silinder pneumatik berdiameter 1.000 mm (39 inch.), Dan digunakan sebagai pengganti silinder hidrolik untuk keadaan khusus di mana oli hidrolik yang bocor dapat menimbulkan bahaya yang ekstrim.

Saat Anda membeli produk Pneumatik SMC, Anda membeli alat terbaik dan solusi industri yang bisa diterapkan. Cocokkan portofolio paling luas dari aktuator fluida rekayasa presisi dan produk pneumatik yang hanya berasal dari SMC Corporation Jepang yang dikirimkan oleh METALEXTRA.

Kami menjual beragam alat kerja pneumatis presisi dan aksesorisnya untuk memenuhi berbagai kebutuhan dalam standar ISO maupun standar Jerman DIN, Jepang JIS dan Amerika Serikat ANSI. Jangan ragu untuk mencari bantuan dari spesialis kami melalui email: [email protected]

error: Alert: Content is protected!