Blok pengukur juga dikenal sebagai Block gauge, Johansson gauge, pengukur slip, atau Jo Block merupakan seperangkat alat ukur sederhana dalam komparasi pengukuran untuk memastikan dimensi panjang presisi.

JENIS BLOCK GAUGES

Blok ukur individu terdiri dari blok logam atau keramik yang telah dibuat dengan sangat presisi dan dilapisi dengan ketebalan tertentu yang mengacu pada standar alat ukur internasional sesuai massa dan ketentuan dari badan metrologi seperti ISO, DaKKS/DIN maupun JIS.

Blok pengukur ini biasanya tersedia dalam 2 grade, grade 1 untuk laboratorium QC dan grade 2 untuk penggunaan standar. Tiap set dijual dalam set blok dengan kisaran panjang standar. Dalam penggunaan, blok ditumpuk untuk membuat panjang yang diinginkan. Kalibrator standar pada hardness tester juga sering diangap keliru sebagai Block Gauge.

CARA PAKAI BLOCK GAUGE

Fitur penting dari balok pengukur adalah mereka dapat digabungkan dengan ketidakpastian dimensi yang sangat kecil. Balok-balok tersebut bergabung dengan proses geser yang disebut pemerasan, yang menyebabkan permukaan ultra-datarnya saling menempel. Sejumlah kecil balok pengukur dapat digunakan untuk membuat panjang yang akurat dalam kisaran yang luas.

Dengan menggunakan 3 blok sekaligus yang diambil dari satu set 30 blok, seseorang dapat membuat salah satu dari 1000 panjang dari 3.000 hingga 3.999 mm dalam langkah 0,001 mm (atau 0,3000 hingga 0,3999 inci dalam langkah 0,0001 inci). Blok meteran ditemukan pada tahun 1896 oleh ahli mesin Swedia Carl Edvard Johansson. Mereka digunakan sebagai referensi untuk kalibrasi alat ukur yang digunakan di bengkel mesin, seperti mikrometer, batang sinus, kaliper, dan indikator dial (bila digunakan dalam peran inspeksi). Blok pengukur adalah alat utama standarisasi panjang yang digunakan oleh industri.

STANDAR AKURASI BLOCK GAUGE

Balok ukur tersedia dalam berbagai tingkatan, tergantung pada tujuan penggunaannya. [7] Kriteria penilaiannya adalah toleransi yang ketat pada ukurannya; dengan demikian nilai yang lebih tinggi dibuat untuk toleransi yang lebih ketat dan memiliki akurasi dan presisi yang lebih tinggi. Berbagai standar penilaian meliputi: JIS B 7506-1997 (Jepang) / DIN 861-1980 (Jerman), ASME (AS), BS 4311: Bagian 1: 1993 (Inggris). Toleransi akan bervariasi dalam kelas yang sama dengan peningkatan ketebalan material.

referensi (AAA): toleransi kecil (± 0,05 μm) digunakan untuk menetapkan standar

kalibrasi (AA): (toleransi +0.10 μm hingga −0.05 μm) digunakan untuk mengkalibrasi blok inspeksi dan pengukuran presisi sangat tinggi

inspeksi (A): (toleransi +0,15 μm hingga −0,05 μm) digunakan sebagai standar ruang alat untuk menyetel alat pengukur lainnya

bengkel (B): toleransi besar (toleransi +0,25 μm hingga −0,15 μm) digunakan sebagai standar toko untuk pengukuran presisi

Sebutan kelas yang lebih baru termasuk (Spesifikasi Federal AS GGG-G-15C):

0,5 – umumnya setara dengan kelas AAA

1 – umumnya setara dengan kelas AA

2 – umumnya setara dengan kelas A +

3 – nilai kompromi antara A dan B

dan ANSI / ASME B89.1.9M, yang mendefinisikan deviasi absolut dari dimensi nominal dan batas paralelisme sebagai kriteria untuk penentuan kelas. Umumnya, nilai setara dengan nilai sebelumnya di Federal A.S. sebagai berikut:

00 – umumnya setara dengan kelas 1 (persyaratan kerataan dan akurasi yang paling tepat)

0 – umumnya setara dengan kelas 2

AS-1 – umumnya setara dengan kelas 3 (dilaporkan merupakan singkatan dari American Standard – 1)

AS-2 – umumnya kurang akurat dibandingkan kelas 3

K – umumnya setara dengan kerataan tingkat 00 (paralelisme) dengan akurasi tingkat AS-1

Standar ANSI / ASME mengikuti filosofi yang sama seperti yang ditetapkan dalam ISO 3650. Lihat referensi NIST di bawah untuk informasi lebih rinci tentang toleransi untuk setiap grade dan ukuran blok. Lihat juga halaman 3 dari: Toleransi Blok Pengukur Komersial (Panjang mengacu pada ketebalan yang dikalibrasi)

Metalextra menjual beragam alat uji Block gauge dan Master Gauge beserta jig aksesorisnya untuk memenuhi berbagai kebutuhan dalam standar ISO Metrik maupun standar Jerman DIN, Jepang JIS dan Amerika Serikat ANSI. Jangan ragu untuk mencari bantuan dari spesialis kami melalui email: [email protected]

error: Alert: Content is protected!