Mikrometer dikenal sebagai alat ukur tangan atau hand tools yang juga dikenal dengan nama mikrometer sekrup. Perangkat ini dilengkapi sekrup terkalibrasi yang banyak digunakan untuk pengukuran komponen yang akurat dalam teknik mesin dan permesinan serta sebagian besar perdagangan mekanis, bersama dengan instrumen metrologi lainnya seperti dial, vernier, dan kaliper digital.

MICROMETER FUNGSINYA APA?

Alat ukur mikrometer sekrup terkalibrasi untuk pengukuran diameter luar atau ⌀ID maupun dimensi ketebalan komponen yang akurat dalam teknik mesin dan pemesinan. Mikrometer juga digunakan dalam teleskop atau mikroskop untuk mengukur diameter semu benda langit atau benda mikroskopis.

Mikrometer biasanya, tetapi tidak selalu, dalam bentuk kaliper (ujung berlawanan bergabung dengan bingkai) dan digunakan untuk mengukur diameter eksternal. Mikrometer menggunakan sekrup untuk mengubah jarak kecil (yang terlalu kecil untuk diukur secara langsung) menjadi rotasi besar sekrup yang cukup besar untuk dibaca dari skala.

Akurasi mikrometer berasal dari keakuratan bentuk ulir didalamnya yang merupakan inti dari desainnya. Dalam beberapa kasus, ini adalah sekrup diferensial. Umumnya Micrometer seluruh dunia haruslah sesuai dengan akurasi standar Jerman DIN 863.

Spindel ini bisa diputar dengan mekanisme sekrup yang sangat akurat dan objek yang akan diukur ditempatkan di antara spindel dan landasan. Spindel digerakkan dengan memutar kenop ratchet atau bidal hingga benda yang akan diukur sedikit tersentuh oleh spindel dan landasan.

MICROMETER JENISNYA APA SAJA?

Micrometer ada 3 jenisnya yang bisa dibeli di Metalextra.com, yaitu; Micrometer Vernier/klasik, Micrometer Dial atau analog, dan Micrometer Digital. 

Micrometer tipe Vernier ini cara interpolasi pengukuran terkesan “mengira-ngira”. Sedangkan Tipe Dial, micrometer ini bisa mengukur toleransi dimensi, namun pencatatan hasil pengukuran masih manual. Sedangkan Micrometer digital umumnya memiliki fitur data transfer, sehingga pengukuran bisa cepat dan terekam di software spreadsheet ataupun Microsoft Excel.

Metalextra menjual beragam alat ukur Vernier Depth Gauge beserta jig aksesorisnya untuk memenuhi berbagai kebutuhan dalam standar ISO Metrik maupun standar Jerman DIN, Jepang JIS dan Amerika Serikat ANSI.

Jika Anda merasa sulit untuk mencari alat kerja industri yang lebih efektif, jangan ragu untuk mencari bantuan dari spesialis yang dapat membantu Anda memilih yang akan memberi Anda manfaat maksimal. Hubungi kami melalui chat online yang ada di pojok kanan bawah website ini atau melalui email : [email protected]

error: Alert: Content is protected!