Kaliper ini di Indonesia juga dikenal dengan nama Sigmat, Skekmat, Sketmat, Jangka sorong, maupun mistar digital yang pembacaan pengukuran jarak pada skala Vernier, dial, atau tampilan layar digital. Kaliper ini memiliki komponen mata ukur rahang atau jaws yang disesuaikan terkalibrasi sesuai dengan standar Jerman DIN 862.

Jalur inspeksi kontrol kualitas dari pabrikasi mana pun pasti membutuhkan seperangkat alat tangan yang tepat, mudah digunakan dan presisi sesuai standar. Titik dan dimensi yang akan diukur bisa di interpolasi seperti pengunaan penggaris. Seringkali penggunaan “caliper” bersamaan dengan “mikrometer” dalam mengukur diameter luar dan aplikasi seperti teknik mesin, pengerjaan logam, bengkel, pengerjaan kayu, sains dan kedokteran.

Vernier, dial, dan kaliper digital memberikan pembacaan langsung dari jarak yang diukur dengan akurasi dan presisi tinggi. Keduanya secara fungsional identik, dengan cara berbeda dalam membaca hasilnya. Kaliper ini terdiri dari deretan skala ukur penggaris terkalibrasi dengan rahang tetap, dan rahang lain, dengan sebuah penunjuk, yang meluncur di sepanjang skala. Jarak antara rahang kemudian dibaca dengan cara yang berbeda untuk ketiga jenis tersebut.

CARA PAKAI UKUR KALIPER

Metode paling sederhana dalam menggunakan kaliper adalah membaca posisi penunjuk langsung pada skala. Saat penunjuk berada di antara dua tanda, pengguna dapat melakukan interpolasi mental untuk meningkatkan ketepatan pembacaan. Ini akan menjadi kaliper yang dikalibrasi sederhana, tetapi penambahan a Skala vernier memungkinkan interpolasi yang lebih akurat dan merupakan praktik universal; ini adalah jangka vernier.

Vernier, dial, dan kaliper digital dapat mengukur dimensi internal (menggunakan rahang paling atas pada gambar di sebelah kanan), dimensi eksternal menggunakan rahang bawah yang digambarkan, dan dalam banyak kasus kedalaman dengan menggunakan probe yang dipasang ke kepala yang dapat digerakkan dan meluncur di sepanjang bagian tengah tubuh. Probe ini ramping dan dapat masuk ke dalam alur yang dalam yang mungkin sulit dilakukan oleh alat pengukur lainnya.

Timbangan Vernier dapat mencakup pengukuran metrik di bagian bawah skala dan pengukuran inci di bagian atas, atau sebaliknya, di negara-negara yang menggunakan inci. Kaliper Vernier yang umum digunakan di industri memberikan presisi hingga 0,01 mm (10 mikrometer), atau satu seribu inci. Tersedia dalam ukuran yang dapat mengukur hingga 1828 mm (72 in).

Kaliper Vernier kokoh dan memiliki akurasi yang tahan lama, tahan terhadap cairan pendingin, tidak terpengaruh oleh medan magnet, dan sebagian besar tahan guncangan. Mereka mungkin memiliki skala sentimeter dan inci. Namun, kaliper vernier membutuhkan penglihatan yang baik atau kaca pembesar, untuk membaca dan bisa sulit untuk dibaca dari kejauhan atau dari sudut yang canggung. Relatif mudah untuk salah membaca digit terakhir. Dalam lingkungan produksi, membaca jangka panjang vernier rawan kesalahan dan mengganggu pekerja. Namun kaliper vernier digital memiliki ketelitian yang lebih besar daripada kaliper vernier mekanis karena jumlah kaliper vernier digital paling sedikit adalah 0,01 mm

JENIS KALIPER

Kaliper dial relatif mudah dibaca, terutama saat mencari titik tengah yang tepat dengan mengayun dan mengamati pergerakan jarum. Mereka dapat disetel ke 0 kapan saja untuk perbandingan. Mereka biasanya cukup rentan terhadap kerusakan akibat benturan. Mereka juga sangat rentan terkena kotoran di roda gigi, yang dapat menyebabkan masalah akurasi.

Kaliper digital beralih dengan mudah antara sistem sentimeter dan inci. Mereka dapat diatur ke 0 dengan mudah di setiap titik dengan penghitungan penuh di kedua arah dan dapat melakukan pengukuran bahkan jika layar benar-benar tersembunyi, baik dengan menggunakan tombol “tahan”, atau dengan memusatkan perhatian pada tampilan dan menutup rahang, menunjukkan pengukuran yang benar, tetapi negatif. Mereka bisa rapuh secara mekanis dan elektronik. Sebagian besar juga membutuhkan baterai dan tidak tahan terhadap cairan pendingin dengan baik. Mereka juga hanya cukup tahan guncangan dan rentan terhadap kotoran.

Kaliper dapat membaca hingga resolusi 0,01 mm atau 0,0005 inci, tetapi akurasinya mungkin tidak lebih baik dari sekitar ± 0,02 mm atau 0,001 inci untuk kaliper 150 mm (6 inci), dan lebih buruk untuk yang lebih panjang

Kaliper digital yang memiliki “Output SPC” berarti Anda dapat menekan tombol dan mengirim data pengukuran tersebut ke PC untuk perekaman di spreadsheet seperti MS Excel sehingga analisis statistik dan traceability bisa dilakukan. Ada berbagai macam kabel dan fitur koneksi data antarmuka pengukur yang dapat bekerja dengan Kaliper Digital ini. Ada kaliper yang butuh Kabel tambahan, adapter bluetooth, sinyal Wifi maupun gelombang radio pendek.

Metalextra menjual beragam alat ukur kaliper atau sigmat beserta aksesorisnya untuk memenuhi berbagai kebutuhan dalam standar ISO Metrik maupun standar Jerman DIN, Jepang JIS dan Amerika Serikat ANSI. Jangan ragu untuk mencari bantuan dari spesialis kami melalui email: [email protected]

error: Alert: Content is protected!