Tekstur dan kekasaran permukaan memainkan peran penting dalam menentukan bagaimana objek nyata akan berinteraksi dengan lingkungannya. Permukaan kasar biasanya lebih cepat aus dan memiliki koefisien gesekan yang lebih tinggi daripada permukaan halus.

SURFACE ROUGHNESS & PROFILE TESTER FUNGSINYA APA?

Kualitas permukaan dan tingkat kehalusan tekstur atau kekasaran sering merupakan prediktor yang baik untuk kinerja komponen mekanis, karena penyimpangan pada permukaan dapat membentuk situs nukleasi untuk retakan atau korosi. Di sisi lain, kekasaran dapat meningkatkan daya rekat oleh sebab itulah perlu standar ukur. Secara umum, daripada deskriptor spesifik skala, deskriptor lintas skala seperti fraktalitas permukaan memberikan prediksi yang lebih berarti tentang interaksi mekanis pada permukaan termasuk kekakuan kontak dan gesekan statis.

Struktur permukaan memainkan peran kunci dalam mengatur mekanika kontak, yaitu perilaku mekanis yang diperlihatkan pada antarmuka antara dua benda padat ketika mereka saling mendekati dan transisi dari kondisi non-kontak ke kontak penuh. Secara khusus, kekakuan kontak normal diatur terutama oleh struktur kekasaran (kekasaran, kemiringan permukaan dan fraktur) dan sifat material.

Permukaan akhir, juga dikenal sebagai Surface profile merupakan disiplin ilmu NDT yang menguji dan mengukur tingkat kerataan tekstur profil permukaan atau topografi permukaan dari benda kerja. Sifat permukaan finishing terdiri dari tiga karakteristik; dasar, kekasaran permukaan, dan kerutan.

SURFACE ROUGHNESS & PROFILE TESTER PRINSIP KERJANYA BAGAIMANA?

Pengukuran kekasaran permukaan diperoleh dari sinyal pergerakan stylus pada sebuah titik atau pada goresan sepanjang garis lurus permukaan benda uji. Sensor kemudian menangkap vibrasi ataupun gambaran jiplak profil kekasaran permukaan. Instrumen roughness meter ini diatur oleh standar industri ISO, DIN, ANSI, maupun JIS,

Umumnya yang diukur adalah penyimpangan lokal permukaan dari ideal datar sempurna. Prinsip kerja dari alat ini adalah dengan menggunakan transducer maupun dengan teknologi kamera optik dan diolah dengan mikroprocessor.

Meskipun nilai kekasaran yang tinggi seringkali tidak diinginkan, bisa jadi sulit dan mahal untuk mengontrol dalam pembuatan. Sebagai contoh, sulit dan mahal untuk mengontrol kekasaran permukaan dari bagian-bagian yang diproduksi pemodelan deposisi (FDM). Mengurangi kekasaran permukaan biasanya meningkatkan biaya pembuatannya. Ini sering mengakibatkan trade-off antara biaya pembuatan komponen dan kinerjanya dalam aplikasi.

Kekasaran dapat diukur dengan perbandingan manual terhadap “pembanding kekasaran permukaan” (sampel kekasaran permukaan yang diketahui), maupun dengan alat ukur profilometer. Ini dapat dari varietas kontak (biasanya stylus intan) atau optik (mis .: interferometer cahaya putih atau mikroskop confocal pemindaian laser).

Namun, kekasaran yang terkontrol seringkali diinginkan. Misalnya, permukaan gloss bisa terlalu mengkilap ke mata dan terlalu licin ke jari (touchpad adalah contoh yang baik) sehingga diperlukan kekasaran yang terkontrol. Ini adalah kasus di mana kedua amplitudo dan frekuensi sangat penting.

Dalam hal permukaan teknik, kekasaran dianggap merusak kinerja bagian. Akibatnya, sebagian besar cetakan manufaktur menetapkan batas atas pada kekasaran, tetapi bukan batas bawah. Pengecualian ada pada lubang silinder di mana oli disimpan di profil permukaan dan diperlukan kekasaran minimum.

Struktur permukaan seringkali berkaitan erat dengan sifat gesekan dan keausan suatu permukaan. Permukaan dengan dimensi fraktal yang lebih tinggi, nilai {\ displaystyle Ra} Ra yang besar, atau {{displaystyle Rsk}} yang positif, {\ displaystyle Rsk}, biasanya akan memiliki gesekan yang agak lebih tinggi dan cepat aus. Puncak dalam profil kekasaran tidak selalu merupakan titik kontak. Bentuk dan keresahan (mis. Baik amplitudo dan frekuensi) juga harus dipertimbangkan.

HARGA SURFACE ROUGHNESS & PROFILE TESTER

Metalextra menjual beragam perangkat pisau industri consumable beserta aksesorisnya untuk memenuhi berbagai kebutuhan dalam standar ISO Metrik maupun standar Jerman DIN, Jepang JIS dan Amerika Serikat ANSI.

Jika Anda merasa sulit untuk mencari alat kerja industri yang lebih efektif, jangan ragu untuk mencari bantuan dari spesialis yang dapat membantu Anda memilih yang akan memberi Anda manfaat maksimal. Hubungi kami melalui email : [email protected]

error: Alert: Content is protected!