Inspeksi merupakan metode pengujian paling umum dalam kegiatan rekayasa industri yang melibatkan pengukuran, tes, dan pengamatan dengan bantuan alat uji presisi.

Inspeksi melibatkan pengukuran, tes, dan pengukur yang diterapkan pada karakteristik tertentu sehubungan dengan suatu objek atau aktivitas. Hasilnya biasanya dibandingkan dengan persyaratan dan standar yang ditentukan untuk menentukan apakah item atau kegiatan tersebut sesuai dengan target produksi.

INSPEKSI NDT VS NDI VS NDE

Inspeksi biasanya tidak merusak dan dapat berupa inspeksi visual atau melibatkan teknologi penginderaan seperti pengujian ultrasonik, dilakukan dengan kehadiran fisik langsung atau jarak jauh seperti inspeksi visual jarak jauh, dan secara manual atau otomatis seperti inspeksi optik otomatis. Istilah pemeriksaan Tes inspeksi nondestructive (NDT), inspeksi nondestructive (NDI), dan Evaluasi nondestructive (NDE) juga biasa digunakan untuk menggambarkan teknologi ini.

NDT merupakan sekelompok besar teknik analisis yang digunakan dalam industri sains dan teknologi untuk mengevaluasi sifat-sifat suatu bahan, komponen atau sistem tanpa menyebabkan kerusakan. 

JENIS & METODE NON DESTRUCTIVE TESTING

Enam metode NDT yang paling sering digunakan adalah eddy-current, magnetic-particle, liquid penetrant, radiografi, ultrasonik, dan pengujian visual. NDT umumnya digunakan dalam teknik forensik, teknik mesin, teknik perminyakan, teknik listrik, teknik sipil, teknik sistem, teknik penerbangan, kedokteran, dan seni. Inovasi di bidang pengujian nondestruktif telah berdampak besar pada pencitraan medis, termasuk ekokardiografi, ultrasonografi medis, dan radiografi digital.

Metode NDT bergantung pada penggunaan radiasi elektromagnetik, suara dan konversi sinyal lainnya untuk memeriksa berbagai macam barang (logam dan non-logam, produk makanan, artefak dan barang antik, infrastruktur) untuk integritas, komposisi, atau kondisi tanpa perubahan artikel menjalani pemeriksaan.

Inspeksi visual (VT), metode NDT yang paling umum diterapkan, cukup sering ditingkatkan dengan menggunakan pembesaran, borescopes, kamera, atau pengaturan optik lainnya untuk tampilan langsung atau jarak jauh.

Struktur internal sampel dapat diperiksa untuk pemeriksaan volumetrik dengan penetrasi radiasi (RT), seperti sinar-X, neutron, atau radiasi gamma. Gelombang suara digunakan dalam kasus pengujian ultrasonik (UT), metode NDT volumetrik lain – sinyal mekanis (suara) yang dipantulkan oleh kondisi dalam artikel pengujian dan dievaluasi untuk amplitudo dan jarak dari unit pencarian (transduser).

Metode NDT lain yang umum digunakan yang digunakan pada bahan besi melibatkan penerapan partikel besi halus (baik tersuspensi dalam bubuk cair atau kering – fluoresen atau berwarna) yang diaplikasikan pada suatu bagian saat dimagnetisasi, baik secara terus menerus atau residu. Partikel akan tertarik ke bidang kebocoran magnet pada atau pada benda uji, dan membentuk indikasi (kumpulan partikel) pada permukaan benda, yang dievaluasi secara visual.

Kontras dan probabilitas deteksi untuk pemeriksaan visual dengan mata telanjang sering kali ditingkatkan dengan menggunakan cairan untuk menembus permukaan benda uji, memungkinkan visualisasi kekurangan atau kondisi permukaan lainnya. Metode ini (pengujian penetran cairan) (PT) melibatkan penggunaan pewarna, fluoresen atau berwarna (biasanya merah), tersuspensi dalam cairan dan digunakan untuk bahan non-magnet, biasanya logam.

Menganalisis dan mendokumentasikan mode kegagalan nondestructive juga dapat dilakukan dengan menggunakan perekaman kamera kecepatan tinggi secara terus menerus (movie-loop) hingga kegagalan terdeteksi. Mendeteksi kegagalan dapat dilakukan dengan menggunakan detektor suara atau pengukur tegangan yang menghasilkan sinyal untuk memicu kamera berkecepatan tinggi.

Kamera kecepatan tinggi ini memiliki mode perekaman lanjutan untuk menangkap beberapa kegagalan non-destruktif. Setelah kegagalan, kamera kecepatan tinggi akan berhenti merekam. Gambar yang diambil dapat diputar ulang dalam gerakan lambat yang menunjukkan dengan tepat apa yang terjadi sebelum, selama, dan setelah peristiwa nondestruktif, gambar demi gambar. Untuk lebih jelas silahkan hubungi: [email protected]

error: Alert: Content is protected!