Menampilkan 1–24 dari 40 hasil

Bore gauge merupakan istilah kolektif untuk alat ukur dan alat uji dimensi yang unik untuk proses mengukur lubang dan diameter internal silinder secara akurat.

BORE GAUGE FUNGSINYA APA?

Bore gauge merupakan instrumen komparatif yang mengukur dimensi internal dari lubang silinder seperti pipa, combustion chamber atau ruang bakar pada mesin bensin, laras teleskopik pada pompa hidrolik, komponen pompa dan keran serta, pipa dan lainnya. Fungsinya mirip dengan telescopic gauge, tetapi mencakup pembacaan digital atau Dial analog.

Bore gauge dalam beberapa hal juga dikenal sebagai pengembangan dari Pin Gauge. Bore Gauge juga dikenal sebagai alat ukur Limit gauge yang terbagi menjadi dua: Go/No Go dan Measuring Gauge. Limit Gauge umumnya memerlukan sedikit keterampilan atau interpretasi karena memiliki sedikit komponen yang bergerak. Seperangkat pengukur batas Limit Gauge Go / No-Go berfungsi untuk menentukan apakah bagian yang diukur berada dalam batas toleransi yang ditentukan. Seperangkat alat ukur batas Go / No-Go juga dikenal dengan istilah G/NG. 

BORE GAUGE JENISNYA APA SAJA?

Berdasarkan bentuk mekanisme saat ini ada dua tipe umum, yaitu tipe;

  • Dua mata ukur anvil:
    Gagang dilengkapi dengan mata ukur anvil presisi terbuat dari Steel dengan lapisan Carbide dengan dua atau tiga titik ini memastikan akurasi, teknisi hanya perlu mencari tumpuan mata anvil bore gauge yang dianggap pas dan “digoyang-goyangkan” hingga kencang.

  • Lebih dari 2 mata ukur anvil (3-4)
    Gagang dilengkapi dengan mata ukur anvil presisi terbuat dari Steel dengan lapisan Carbide dengan tiga atau empat titik tumpu ini memastikan akurasi, operator hanya perlu mengencangkan interpolasi berdasarkan mekanisme mikrometer sekrup maupun bukaan secara pegas presisi hingga pas.

Berdasarkan bentuk mekanisme tampilan saat ini ada tiga tipe umum, yaitu tipe;

  • Tampilan Skala Vernier atau skala Nonius:
    Penilaian interpolasi ukur berdasarkan “feeling” dan pengamatan si teknisi dalam melihat kecocokan garis dari setiap putaran micrometer.

  • Tampilan jarum Dial Gauge dengan Skala Vernier:
    Penilaian ini cocok untuk menilai toleransi dan parameter lingkar internal atau kecekungan dimensi ruang berupa tabung maupun silinder dengan mekanisme micrometer sekrup maupun mekanisme lever pegas terkalibrasi.

  • Tampilan jarum Digital Gauge dengan Skala Vernier:
    Penilaian ini bekerja dengan prinsip sensor kelistrikan dan sekrup mikrometer untuk menilai toleransi dan parameter lingkar internal atau kecekungan dimensi ruang berupa tabung maupun silinder.

Anda bisa memilih tipe vernier, jarum dial maupun Digital tergantung fdengan tingkat presisi dan standar kebutuhan usaha kerja anda. Memiliki alat ukur hand tool terbaik untuk mengukur lubang pada sudut mana pun tentu membutuhkan dana yang tidak sedikit. Versi indikator Digital umumnya lebih mahal dan memiliki fitur transfer data ukur via kabel SPC yang dijual terpisah. Tipe Bore Gauge digital sudah mampu memberikan hasil pengukuran dengan siklus pengujian terdata dan sudah memiliki Statistical Process Control (SPC) yang bisa dikombinasi dengan sistem automation yang cepat dan praktis.

HARGA BORE GAGE BERAPA?

Bore gauge merupakan bagian integral dari proses kualitas industri manufaktur untuk memastikan kecocokan yang dapat dipertukarkan bagian antara proses atau bahkan antara produsen, suplier dan subkontraktor yang berbeda.

Metalextra menjual beragam alat ukur diameter internal, uji Go/No Go dan Limit Gauge beserta jig aksesorisnya untuk memenuhi berbagai kebutuhan dalam standar ISO Metrik maupun standar Jerman DIN, Jepang JIS dan Amerika Serikat ANSI. Jangan ragu untuk mencari bantuan dari spesialis kami melalui email: [email protected]

error: Alert: Content is protected!