Coordinate measuring machine (CMM) itu apa?

Dalam persaingan usaha manufaktur tentu saja setiap produsen ingin agar produk buatannya bisa berkualitas tinggi dengan harga yang terjangkau. Namun membuat produk yang bisa laku keras dipasaran tentu tidaklah mudah dan membutuhkan riset yang mahal. Seringkali produsen pendatang baru lebih memilih untuk ‘meniru’ produk yang sudah ada tapi dengan menambah fitur baru yang menjadi nilai tambahnya.

COORDINATE MEASURING MACHINE CMM FUNGSINYA APA?

Ketika alur kerja produksi Anda berubah karena kompetisi pasar, departemen QC Anda juga harus bisa beradaptasi dengan cepat. Dengan memiliki mesin ukur CMM, Anda memiliki fleksibilitas untuk mengerjakan produk workpiece bernilai tinggi, mengerjakan reverse engineering untuk meniru produk pesaing maupun untuk otomatisasi di line quality control workshop.

Mesin ukur CMM biasanya menentukan kecepatan proses Computer aided design atau CAD dan mempermudah proses kerja manufaktur atau Computer aided manufacture CAM seperti operasional mesin milling dan bubut multi axis. Posisi probe ukur pada mesin CMM dimulai dari posisi referensi dalam sistem koordinat Cartesian tiga dimensi.

Mesin pengukur koordinat (CMM) adalah model kontak yang menggunakan probe sentuh, objek bulat yang digunakan untuk melakukan pengukuran, atau model non-kontak, yang menggunakan metode lain seperti kamera dan laser. Mesin CMM membutuhkan platform untuk mengamankan dan mementaskan objek.

COORDINATE MEASURING MACHINE CMM JENISNYA APA SAJA?

Saat ini ada 4 jenis mesin CMM, yaitu tipe mekanikal sentuh dengan probe elektris/pegas/kompresi, tipe scanner tak sentuh dengan sinar frekuensi laser/lampu whitelight, tipe tak sentuh kamera dan sensor pantulan cahaya dan tipe kombinasi 2 atau 3 metode tersebut.

Pada prinsipnya mesin pengukur kordinat CMM adalah kebalikan dari CNC. Pada CNC kordinat yang dimasukkan menghasilkan gerakan pahat pada sumbu X, Y dan Z. Sedangkan pada CMM kontak antara probe dengan benda kerja menghasilkan kordinat. Selain itu jika pada mesin CNC menggunakan bantalan peluru bersirkulasi (circulated ball bearing) maka pada mesin CMM menggunakan batalan udara (air pad bearing) sehingga gerakannya sangat halus.

Rangkaian perlengkapan CMM mencakup berbagai pilihan pelat dasar ukuran standar dan berbagai pilihan komponen dengan fitting berulir M4, M6, M8 atau 1/4-20. Baik Anda memeriksa suku cadang untuk aplikasi luar angkasa, otomotif, elektronik, industri, atau medis, Renishaw dapat memberikan solusi pemasangan lengkap untuk suku cadang apa pun terlepas dari ukuran, bentuk, atau materialnya.

Perlengkapan CMM dapat meningkatkan akurasi, reproduktifitas, dan proses inspeksi Anda dengan menyediakan pengaturan pemasangan yang cepat dan berulang untuk komponen Anda. Amankan suku cadang sebelum pengukuran menggunakan perlengkapan CMM modular kami. Berbagai macam komponen kami memungkinkan Anda untuk memasang bagian dari hampir semua ukuran, bentuk, atau bahan ke meja stage CMM Anda.

COORDINATE MEASURING MACHINE CARA KERJANYA BAGAIMANA?

Mesin Coordinate Measuring Machine menjadi kunci dari riset dan pengembangan produk manufaktur. Coordinate Measuring Machine merupakan sebuah alat pengukur multi-axis yang menghasilkan akurasi dan efisiensi pengukuran yang tinggi. Mesin ukur ini menentukan dimensi benda kerja berdasarkan titik kordinat dan vektor. merupakan perangkat yang mengukur geometri objek fisik dengan mendeteksi titik-titik diskrit pada permukaan objek dengan probe.

Berbagai jenis probe digunakan dalam CMM, termasuk mekanik, optik, laser, dan cahaya putih. Bergantung pada mesin, posisi probe dapat dikendalikan secara manual oleh operator atau mungkin dikendalikan oleh komputer. CMM biasanya menentukan posisi penyelidikan dalam hal perpindahannya dari posisi referensi dalam sistem koordinat Cartesian tiga dimensi (mis., Dengan sumbu XYZ). Selain memindahkan probe sepanjang sumbu X, Y, dan Z, banyak mesin juga memungkinkan sudut probe dikontrol untuk memungkinkan pengukuran permukaan yang sulit dilakukan dengan jig ukur.

COORDINATE MEASURING MACHINE CMM CARA PAKAINYA BAGAIMANA?

Di Dunia Teknologi Tinggi dan Presisi Tinggi saat ini, kompleksitas banyak komponen yang diproduksi saat ini berarti bahwa untuk memeriksanya dengan benar dan akurat, komponen tersebut harus diamankan menggunakan Sistem Pemasangan yang sangat khusus.

Saat bagian dipegang di tempatnya, bagian itu harus terlihat jelas, dan penahan & penjepitnya harus hati-hati agar ruang probe pengukuran bisa bebas bergerak kesetiap sudut yang mau diukur.

Solusi pemasangan jig pada perangkat CMM bisa meningkatkan hasil produksi dan menghindari penundaan dalam proses QC. Setiap jig perlengkapan memiliki pola alfanumerik dan setiap komponen pemasangan memiliki nomor bagian yang diberi label dengan jelas, memungkinkan dokumentasi penyetelan yang mudah. Pengaturan yang sama dapat dengan cepat dan akurat direproduksi untuk inspeksi berikutnya. Tentu saja Jig ini bisa membantu ketika satu set mesin CMM digunakan di banyak aplikasi atau banyak pengguna.

Pengaturan fixturing yang identik penting untuk meningkatkan reproduktifitas dan akurasi inspeksi dengan menghilangkan variasi dari proses. kami menyadari perlunya sistem perlengkapan yang memungkinkan akses maksimum ke bagian yang perlu diukur, dan pada saat yang sama memegang bagian dengan sangat aman.

AKSESORIS JIG COORDINATE MEASURING MACHINE CMM

Ada berbagai macam aksesori yang tersedia untuk memenuhi setiap jenis komponen yang perlu dipegang. Dasar dari sistem ini adalah Stand-off yang disekrup ke pelat dasar dan tersedia dalam beberapa diameter dan panjang.

Tersedia fitting yang terhubung ke ujung standoff ini untuk memberikan fleksibilitas holding yang lebih besar dan termasuk standoff pin, magnet, cone, universal joint, vee locators, height adjuster, dll.

Selain thumbscrews, toggle clamps, spring plunger, dan tension spring post juga tersedia untuk memberikan berbagai solusi yang tak terbatas, pada kenyataannya tidak peduli seberapa canggung komponennya, Swift-fix menawarkan solusi untuk menahannya.

KESIMPULAN

Coordinate measuring machine (CMM) itu di Indonesia dikenal juga sebagai Mesin ukur koordinat dari disiplin ilmu metrology. Alat ukur mahal ini digunakan dalam pengukuran karakteristik geometris fisik suatu objek secara 3 Dimensi untuk mengambil pengukuran yang akurat.

Mesin pengukur koordinat (CMM) ini termasuk sebagai alat ukur termahal yang ada diworkshop maupun lab pengujian kualitas. Ada yang tipe desktop yang digunakan diatas meja granit maupun tipe pensil magnetis yang digerakkan secara manual. Dibandingkan dengan teknologi 3D Scanner yang berbasis teknologi optik kamera, mesin CMM jauh lebih akurat dan luas kegunaaannya. Namun, sayangnya tidak semua kampus teknik di Indonesia memilki mesin ini, sehingga amat sulit bagi mahasiswa teknik untuk ikut praktek dan memilki sertifikasi operasional mesin CMM ini.

Jika Anda berminat untuk membeli alat ukur metrology ataupun beragam aksesoris mesin CMM dimensi metric lainnya silahkan hubungi kami melalui chat online yang ada di pojok kanan bawah website ini atau melalui email : [email protected] Semoga bermanfaat. Wassalam!


Sumber:

Tim Kreatif Metalextra.com, Tulisan ini merupakan opini Pribadi di media milik sendiri.

Awalnya dipublikasikan pada12 Januari 2020 @ 12:04 PM

error: Alert: Content is protected!
%d blogger menyukai ini: